Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Jitu Mengatasi Restart Otomatis Di Smartphone Android Terbaru

Hadirnya smartphone android memang menjadi kabar menyenangkan bagi pengguna smartphone terutama di Indonesia. Smartphone android yang dibekali teknologi canggih guna menunjang aktifitas telekomunikasi, bisnis dan media hiburan. Sebagai alat komunikasi, smartphone bisa dikatakan supercanggih karena mampu menjalankan beberapa aplikasi android aktif didalamnya dalam waktu bersamaan. Meskipun demikian, pasti ada saatnya smartphone tersebut mengalami masalah baik secara tiba-tiba maupun perlahan mulai kelihatan kerusakannya. Mungkin diantara sobat pengguna smartphone, pernah mengalami perangkat androidnya tiba-tiba mati dan kemudian resart sendiri secara otomatis. Bagaimana menurut sobat kalau kejadian tersebut terjadi pada hp kita? Edisi kali ini kita akan membahas tentang cara paling jitu mengatasi smartphone android restart otomatis.

Cara Jitu Mengatasi Restart Otomatis Di Smartphone Android

Ketika sedang asyik browsing internet, chating dan main game menggunakan smartphone android kemudian smartphone tersebut restart sendiri secara tiba-tiba. Apakah yang sobat rasakan atas kejadian itu? Kemungkinan kita akan merasa jengkel, kecewa dan bisa jadi menangis ketika ada data penting yang belum tersimpan dalam smartphone android sobat. Tak hanya itu, jika sobat sedang mengetik pesan penting namun smartphone langsung restart sendiri secara otomatis sebelum mengirim pesan sehingga sobat harus mengetik pesan dari awal lagi. Adakah solusi yang tepat untuk mengatasi hp android yang restart sendiri otomatis. Bagaimana cara jitu mengatasi smartphone android restart otomatis sendiri?

Baca Juga : Cara Mudah Menghapus Akun Gmail Di Android Lain

Penyebab Smartphone Android Restart Otomatis

Smartphone android restart sendiri tidak hanya terjadi pada brand android china, tetapi brand hp android paling atas juga bisa saja terjadi seperti samsung, sony, smartfren andromax dan lainnya.

Penyebab Smartphone Android Restart Sendiri Secara Otomatis :
  1. Aplikasi yang tidak cocok dengan system android kita.
  2. Aplikasi yang sudah lama tidak update.
  3. Sistem android perlu upgrade.
  4. Ada virus dalam smartphone android
Sebenarnya masih banyak lagi yang menyebabkan smartphone android restart sendiri secara otomatis. Lalu bagaimana cara paling ampuh untuk mengatasi masalah smartphone android restart otomatis? Simak terus artikel ini sampai selesai yah.

Baca Lagi : Cara Bermain Game Mobile Legends Di Android Terbaru

Cara Jitu Mengatasi Restart Otomatis Pada Smartphone Android Terbaru

Langsung saja kita menuju pada pokok bahasan mengenai cara jitu dan ampuh dalam mengatasi restart otomatis pada smartphone android dibawah ini :
  • Periksalah aplikasi android sobat
Langkah awal untuk mengatasi hp android restart otomatis bisa kita lakukan dengan memeriksa aplikasi terakhir yang sobat install di hp android tersebut. Uninstall atau remove aplikasi yang bukan berasal dari Google Play Store karena dikhawatirkan tidak sesuai dengan system android smartphone sobat. Amatilah hasilnya, apakah dengan remove aplikasi tersebut smartphone masih sering restart otomatis atau tidak.
  • Periksalah Pengaturan Android
Pengaturan android yang tidak sesuai kadang membuat smartphone restart otomatis atau mungkin kita tidak sengaja melakukan pengaturan tetrsebut karena akan mengakibatkan perubahan sistem android. Silakan coba lakukan pengaturan awal sesuai standar android agar tidak terjadi masalah smartphone restart sendiri.
  •  Download dan Install Anti Virus
Seperti halnya PC atau lapto, perangkat android juga termasuk perangkat yang menggunakan sistem operasi (OS) dan berhubungan dengan jaringan internet sehinggan beresiko terkena virus dari luar. Berbagai macam virus rentan menyerang perangkat PC hingga smartphone android melalui koneksi jaringan internet dan file transfer dari USB flash disk atau memory card. Pada akhirnya serangan virus tersebut akan menyerang sistem operasi dari perangkat smartphone android tersebut dan terkadang mengakibatkan smartphone sering restart otomatis. Oleh karena itu, sebaiknya sobat memasang anti virus yang aktif dan melakukan scaning pada perangkat pc maupun sartphone android.
  • Menghapus File Cache Di Android
File cache yang sudah lama menumpuk di android akan mengakibatkan kinerja smartphone menjadi terganggu, lemot bahkan sering error dan lebih parahnya restart sendiri pada smartphone tersebut. Untuk mengatasi masalah smartphone error dan restart sendiri secara otomatis, sebaiknya file cache android tersebut dibersihkan atau dihapus secara rutin setiap hari atau sekiranya perlu. Silakn sobat download dan install aplikasi pembersih cache yang ada di Google Play Store.
  • Jalankan Factory Reset
Jika sobat sudah melakukan 4 cara diatas akan tetapi smartphone android masih saja restart otomatis, maka cobalah lakukan factory reset atau kembali ke setingan awal dari pabrik. Factory reset ini merupakan jurus terakhir yang paling jitu untuk mengatasi restart otomatis di smartphone android. Sebelum menjalankan factory reset, sebaiknya sobat melakukan back up terhadap file atau data penting yang ada di smartphone android tersebut.

Keren Nih : Atom Launcher : Aplikasi Louncher Android Bagus Keren dan Ringan Terbaru

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah smartphone sering restart sendiri secara otomatis dalam pembahasan kali ini. Semoga artikel cara jitu mengatasi restart otomatis di smartphone android ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi kita semua. Silakan bagikan artikel terbaru tentang cara ampuh mengatasi smartphone android restart otomatis diatas melalui sosial media atau blog dengan menyertakan link sumber artikel dalam blog ini.

Post a Comment for "Cara Jitu Mengatasi Restart Otomatis Di Smartphone Android Terbaru"